Ada “Dead Pixel” di Notebook saya. Apa kata dunia?

Apakah sebenarnya Dead Pixel itu?
Dead Pixel adalah suatu keadaan di mana ada titik (dot) yang pasif, bisa berwarna merah, putih atau hitam dan tidak berwarna sesuai dengan grafis yang sedang ditampilkan.

Resolusi sebuah layar LCD ditentukan oleh jumlah pixel (dot kecil) yang mengisi layar tersebut. Pixel adalah unit terkecil yang terdiri dari 3 sub-pixel warna merah, hijau dan biru yang berubah-ubah komposisi warnanya untuk menampilkan warna yang dikehendaki.

Untuk mudahnya, dead pixel adalah suatu keadaan di mana transistor yang membentuk sub-pixel tersebut nge-short atau tidak berfungsi.

Mengapa Dead Pixel dapat terjadi di panel Lcd baru?
Dalam proses pembuatan panel LCD, adalah tidak mungkin bagi pabrik untuk men-cek satu per satu pixel apakah berfungsi atau tidak. Hanya setelah selesai dirakit, baru suatu panel dapat diketahui apakah memiliki dead-pixel atau tidak.

Karena material LCD yang mahal, pihak pabrik menghindari sebisa mungkin untuk membuang panel yang memiliki dead-pixel. Maka dari itu, masing-masing vendor memiliki kebijakan sendiri-sendiri tentang “berapa jumlah dead-pixel” yang dapat ditoleransi.

Kabar baiknya adalah dead-pixel “tidak menular”. Bila di kemudian hari ada penambahan dead-pixel, maka hal itu sama sekali tidak berhubungan dengan dead-pixel yang sudah ada.

Apakah “Dead Pixel” di-garansi?
Biasanya sebuah vendor memiliki policy tentang jumlah dead-pixel yang ditoleransi di center, pinggir dan jumlah total.Namun masing-masing vendor memiliki aturan yang berbeda.

Contoh: Jumlah dead pixel yang di-cover warranty di pinggir layar rata-2 adalah 3 (lebih dari 3, di-ganti). Sedangkan untuk daerah tengah adalah 1 (lebih dari 1, diganti). Hal ini dikarenakan dead-pixel di tengah layar akan lebih mengganggu penglihatan dibandingkan bila terletak di pinggir.

Maka dari itu, anda dapat men-cek dahulu kebijakan dead-pixel untuk Lcd / Notebook yang ingin dibeli. Dan jangan lupa, kerja sama antara penjual dan pembeli adalah sangat penting. Teliti-lah pada saat menerima notebook anda. Apalagi untuk notebook yang pre-installed dengan windows original.

2 Comments

Filed under Cerita Pembeli dan Penjual

2 responses to “Ada “Dead Pixel” di Notebook saya. Apa kata dunia?

  1. Oia sob, selain karena kesalahan pabrikasi, biasanya “dead pixel” muncul karena apa?

  2. jzadmin

    @kumprung..
    seperti dijelaskan di atas, dead pixel kan dikarenakan transistor led-nya bermasalah. setelah pabrikasi, kejadian ini bisa dipicu oleh beban di atas lcd (bisa berupa tusukan/tekanan objek) atau gangguan listrik. Yang pasti bukan akibat dr dead-pixel yang lama (kalo ada) menyebar. Trims.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s